Tukin Puskesmas Terlambat Dibayar, Komisi B DPRD Langkat Gelar RDP

Tukin Puskesmas Terlambat Dibayar, Komisi B DPRD Langkat Gelar RDP

 

Menyahuti pengaduan puskesmas terkait terlambatnya pembayaran tunjangan kinerja (tukin), uang jasa medis BPJS dan uang jaga malam bagi para medis pada puskesmas, Komisi B DPRD Langkat gelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan mengundang pihak Dinas Kesehatan, BPKAD dan para Kepala Puskesmas se Kabupaten Langkat, Rabu (1/8).

Dalam RDP itu, Efendi Matondang Kabid Anggaran BPKAD Langkat menjelaskan bahwa sistem pembayaran tukin, dapat dibayarkan perbulan atau triwulan, tergantung usulan dari instansi dan apabila semua berkas telah lengkap, maka selambat-lambatnya tanggal 10 setiap bulannya akan di transfer ke rekening masing-masing PNS.

“Naikkan saja berkas tukin yang telah selesai, jangan menunggu PNS yang belum siap berkasnya, pada prinsipnya setiap permintaan OPD akan kami bayarkan sesuai permintaan,” rinci Efendi Matondang.

Mendapat penjelasan BPKAD, RDP yang dipimpin Ketua Komisi B Riska Purnawan, ST berharap kepada Kepala Puskesmas agar segerakan saja permintaan tukin, jangan menunggu 1 orang PNS yang terlambat menyerahkan berkas tukin sehingga mengganggu pembayaran tukin PNS yang telah siap.

“Kami berharap kepada para atasan agar memperhatikan pegawainya karena para pegawai itu menunggu rezekinya dari tambahan penghasilan selain gaji seperti tukin, uang jasa medis BPJS dan uang jaga malam bagi para medis di puskesmas yang berbulan-bulan mereka tunggu, miris kita mendengarnya kalau hak mereka terlambat diberikan,” ucap Riska.

Anggota Komisi B lainnya juga berharap kepada Kepala Puskesmas dapat bekerja dengan cepat sehingga tidak terkendala lagi pembayaran hak-hak pegawai dan kepada Dinas Kesehatan agar dapat mensosialisasikan setiap ada aturan-aturan baru kepada 31 Puskesmas yang ada di Kabupaten Langkat.

Kirana Sitepu Sekretaris Komisi B dengan nada keras mengatakan perlu evaluasi dari Dinas Kesehatan terhadap Kepala Puskesmas yang tidak mampu bekerja dan kami Komisi B menginginkan pelayanan puskesmas kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik, juga perlu pemerataan penempatan dokter-dokter yang ada di puskesmas.

Sementara itu, salah seorang Kepala Puskesmas mengatakan sangat berterima kasih diadakannya RDP ini, banyak informasi yang sangat berharga yang kami dapat dan melalui RDP ini kedepannya kinerja kami jadi lebih baik lagi.

Dinas kesehatan yang dalam RDP itu dihadiri Sekretarisnya H. Zulkifli, Kasubbag Keuangan Hamid Rijal dan Kasubbag Umum & Kepegawaian Supardi menjelaskan bahwa Dinas kesehatan telah melakukan sosialisasi tentang tukin ke puskesmas-puskesmas, saran-saran Komisi B akan ditindak lanjuti serta penjelasan BPKAD akan kami cepat kami laksanakan agar pembayaran hak-hak pegawai puskesmas dapat cepat terealisasi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply