Perubahan APBD Langkat 2018 Disampaikan Ke DPRD

Perubahan APBD Langkat 2018 Disampaikan Ke DPRD

 

Setelah mendapatkan rekomendasi dari Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kabupaten Langkat, DPRD Langkat menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Langkat Tahun 2018, Senin (3/9).

Sebelumnya, Kepala Daerah bersama DPRD Langkat telah menyepakati Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang telah dibahas Badan Anggaran DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sebagai dasar dalam penyusunan perubahan APBD Tahun 2018.

Perubahan APBD dimungkinkan jika terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum APBD, terdapat keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan dan antar jenis belanja, serta keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun sebelumnya harus digunakan untuk pembiayaan anggaran yang berjalan.

“Hal tersebut tertuang dalam pasal 154 Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah,” sebut Ketua DPRD Langkat Surialam, SE yang memimpin rapat paripurna didampingi Wakil Ketua DPRD H. Sapta Bangun, SE, Ralin Sinulingga, SE dan Donny Setha, ST. SH. MH.

Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH dalam penyampaian nota keuangan rancangan perubahan APBD menyebutkan bahwa total rancangan perubahan APBD Kabupaten Langkat tahun 2018 sebesar Rp. 2.390.615.544.062,92.

“Dengan jumlah belanja semula sebesar Rp. 1.832.309.588.986,00 bertambah sebesar Rp. 558.305.985.076,92,” rinci Ngogesa dihadapan sidang paripurna yang dihadiri segenap anggota DPRD, Sekda, para unsur Forkopimda, para Asisten Setda, para Kepala OPD, Camat dan undangan lainnya.

Usai Bupati Langkat membacakan secara rinci rancangan perubahan APBD 2018 dan penandatanganan berita acara penyerahan Ranperda perubahan APBD, Ketua DPRD Langkat mempersilahkan tujuh fraksi yang ada di DPRD Langkat untuk menyampaikan pandangan umum fraksinya atas perubahan APBD 2018.

Sebelum Ketua DPRD menskors rapat paripurna untuk mendengarkan jawaban Bupati pada esok harinya atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Langkat, pada kesempatan itu, diumumkan susunan perubahan Fraksi Hati Nurani Bangsa DPRD Langkat dengan Ketua yang baru Sukirin, SE, Wakil Ketua Agustinus Riza Kaban, SE dan Sekretaris Syamsul, S.Ag.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply