Ralin Sinulingga Gunakan 3 M Untuk Reses

Ralin Sinulingga Gunakan 3 M Untuk Reses

 

Waktu empat hari jadwal pelaksanaan reses II tahun 2018 bagi anggota DPRD Kabupaten Langkat, dimanfaatkan benar-benar oleh Wakil Ketua DPRD Langkat Ralin Sinulingga, SE untuk melaksanakannya.

Walaupun jarak tempuh yang begitu jauh dengan jalan bebatuan tidak menjadi penghalang bagi Wakil Ketua DPRD Langkat Ralin Sinulingga untuk mengunjungi Desa Belinteng, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, tepatnya di Dusun Tanjung Merawa untuk melaksanakan reses dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat, Senin (24/9).

Kedatangan Ralin yang baru pertama kali melaksanakan reses di Dusun Tanjung Merawa Desa Belinteng, begitu ditunggu masyarakat pada siang itu sebagai tamu yang dinantikan, yang setibanya wakil rakyat yang telah duduk dua periode ini sebagai anggota DPRD Langkat langsung disematkan uis gara (kain khas suku karo) sebagai bentuk penghargaan masyarakat.

Sebelum acara reses dimulai, Ralin duduk membaur dengan warga untuk makan siang bersama menikmati hidangan yang telah disiapkan.

Dalam sambutan resesnya, ia menjelaskan kepada masyarakat bahwa reses itu saatnya bertemu konstituen, menyerap aspirasi dan melihat kondisi masyarakat secara langsung, sesuai moto yang saya terapkan untuk reses yaitu 3 M (melihat, mendengar dan merasakan).

“Reses ini merupakan acara resmi, yang mana makanan dan minuman yang kita makan tadi dibiayai dari APBD Kabupaten Langkat, APBD itu salah satunya bersumber dari pajak-pajak yang dibayarkan masyarakat,” ucap Ralin sembari menghimbau kepada warga agar taat membayar pajak.

Sudah banyak dana APBD Langkat yang diberikan ke Desa Belinteng di 2018, untuk itu diharapkan kepada masyarakat agar mengawasi pembangunan itu.

Selain itu, Ralin juga memberikan pemahaman politik kepada warga, karena pada 2019 nanti akan dilaksanakan pemilihan umum serentak, masyarakat akan dihadapkan pada lima kertas suara untuk memilih Presiden, anggota DPR-RI, anggota DPD-RI, anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dan anggota DPRD Kabupaten Langkat.

Pada reses itu, Ralin sempat meneteskan air mata karena beberapa warga sekitar dusun yang datang, walaupun dengan kondisi keterbatasan ekonomi, mereka memberikan bantuan berupa uang kepadanya.

“Kami begitu mendambagakan sosok Ralin yang telah banyak berbuat terhadap kampung kami, itu tanda teringat kami, supaya kalau menjadi orang hebat agar tetap ingat kepada kami yang dibawah ini,” ucap salah seorang warga.

Suasana yang berbeda dalam dialog antara warga kali ini, beberapa perwakilan kelompok warga dengan bergantian secara langsung menghadap Ralin untuk menyampaikan keinginan-keinginan dan keluhan-keluhan yang dirasakan warga.

Semua aspirasi diterima, namun ia menjelaskan bahwa tidak semua aspirasi dapat terealisasi karena Langkat yang begitu luas dengan 23 kecamatan, sehingga perlu pemerataan pembangunan disetiap kecamatan.

Pada reses itu, ditampung aspirasi masyarakat seperti menginginkan pengaspalan jalan, rabat beton, irigasi yang baik, pembangunan gedung sekolah dan panti sosial, pemasangan pipanisasi dan tersedianya MCK.

Hadir diacara reses tersebut, Kepala Desa Belinteng Ruben Sembiring, SP, ratusan warga dusun Tanjung Merawa dan warga desa tetangga yang berada disekitar Desa Belinteng.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply