DPRD Langkat Dengarkan Jawaban Bupati

DPRD Langkat Dengarkan Jawaban Bupati

 

Pimpinan dan anggota DPRD Langkat dengarkan jawaban Bupati Langkat atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Langkat terhadap Ranperda APBD 2019 yang disampaikan Bupati Langkat satu hari sebelumnya.

Rapat paripurna dengan agenda mendengarkan jawaban Bupati atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD dipimpin Wakil Ketua DPRD Langkat H. Sapta Bangun, SE bersama dua Wakil lainnya yakni Ralin Sinulingga, SE dan Donny Setha, ST. SH. MH, Selasa (23/10).

Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH pada kesempatan itu dihadapan segenap pimpinan dan anggota DPRD Langkat dengan rinci memberikan jawaban atas pandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD Langkat.

Dalam penjelasannya, di tahun 2019 ada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) yang dilakukan Pemkab Langkat melalui upaya intensifikasi dan ekstensifikasi terhadap potensi pajak daerah dan retribusi daerah.

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa saat ini peningkatan PAD bersumber dari PBB-P2, pajak penerangan jalan (PPJ) dan pajak restoran serta peningkatan PAD dari sektor retribusi tempat rekreasi, retribusi pelayanan persampahan dan retribusi tera ulang.

Tentang penerimaan PNS tahun 208, berdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Kabupaten Langkat mendapat formasi sebanyak 508 orang yang terdiri dari tenaga guru formasi honorer eks K2 sebanyak 40 orang, tenaga guru formasi umum 320 orang, tenaga kesehatan 125 orang dan tenaga teknis lainnya sebanyak 23 orang.

“Verifikasi berkas pelamar CPNS secara online telah dilaksanakan dengan jumlah sebanyak 8.935 orang dan direncanakan akan dilaksanakan ujian menggunakan sistem CAT BKN pada tanggal 26 Oktober sampai dengan 17 Nopember 2018 di Kodam I Bukit Barisan, Medan,” terang H. Ngogesa Sitepu.

Terkait penanganan demam berdarah (DBD) yang dipertanyakan anggota dewan, Bupati menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan untuk mengantisipasi dan menanggulangi kejadian DBD dengan melakukan foging atau pengasapan ke 260 fokus untuk tahun 2018.

Usai secara rinci Bupati menjawab semua saran, masukan, himbauan, tanggapan dan kajian terhadap rancangan APBD 2019, di penghujung acara H. Sapta Bangun mengatakan bahwa sesuai Peraturan Tata Tertib DPRD Langkat, Rancangan APBD 2019 akan dibahas terlebih dahulu melalui Komisi-Komisi DPRD dengan mitra kerjanya.

Selanjutnya, Komisi-Komisi DPRD Langkat memberikan rekomendasi ke Badan Anggaran untuk dibahas lebih lanjut bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Langkat, untuk itu agar seluruh proses tersebut dapat dilaksanakan sesuai ketentuan, pungkasnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply