Petani Secanggang Mengadu Ke DPRD Langkat

Terancam Gagal Panen

Petani Secanggang Mengadu Ke DPRD Langkat

 

Melihat kondisi pertanian di Kecamatan Secanggang yang berakibat akan gagal panen karena musim kemarau, Pengurus Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Secanggang beraudiensi mengadukan hal itu ke kantor DPRD Kabupaten Langkat, (25/3/2019).

Pengaduan pengurus KTNA ini diterima langsung Ketua DPRD Langkat Surialam, SE di ruang kerjanya yang turut dihadiri perwakilan dari Dinas Pertanian Langkat.

“Miris dengan kondisi yang memperihatinkan terhadap ratusan hektar lahan pertanian padi yang diprediksi gagal panen, maka kami datang kesini untuk mengadukannya,” sebut Sugito Sekretaris Pengurus KTNA.

Ada empat desa yang diprediksi mengalami gagal panen ini, yaitu Desa Tanjung Ibus, Kebun Kelapa, Sungai Ular dan Kelurahan Hinai Kiri terang Sugito menjelaskan.

“Sebenarnya prediksi gagal panen ini dapat diatasi kalau mesin kompanisasi dapat menyalurkan air ke persawahan petani,” ucap Purwanto Ketua KTNA.

Mariono selaku Kepala Bidang Irigasi Dinas Pertanian Langkat menjelaskan kepada Pengurus KTNA bahwa Dinas Pertanian telah memasang mesin kompanisasi di Kecamatan Secanggang.

Sebelum mesin kompanisasi di pasang, ia menjelaskan di hadapan Ketua DPRD dan Pengurus KTNA, bahwa Dinas Pertanian Langkat telah mensosialisasikan bahwa biaya operasional mesin kompanisasi tidak dianggarkan dan menjadi tanggung jawab masyarakat/petani.

“Dalam hal ini biaya pipa maupun saluran air untuk sampai ke sawah-sawah petani di tanggung oleh petani,” ungkap Mariono.

Ketua DPRD dalam pertemuan itu, meminta Pengurus KTNA sering berkomunikasi dengan Dinas Pertanian maupun pihak terkait lainnya. Ia berharap para petani untuk berembuk sehingga mampu menyelesaikan permasalahan ini.

Surialam juga mengingatkan, agar Pengurus KTNA berkomunikasi dengan kepala desa masing-masing karena setiap desa telah menerima dana desa dari pemerintah pusat yang dapat dipergunakan untuk bidang pertanian juga.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply