7 Ranperda Inisiatif DPRD Langkat Disetujui

7 Ranperda Inisiatif DPRD Langkat Disetujui Dalam Rapat Paripurna

 

Sebelum Draft Ranperda inisiatif DPRD Langkat dalam proses lebih lanjut akan dibahas oleh panitia khusus, terlebih dahulu diambil keputusan melalui rapat paripurna untuk menyetujui Draft Ranperda inisiatif menjadi Ranperda inisiatif.

Ada 7 Ranperda inisiatif DPRD Langkat yang akan disetujui dalam rapat paripurna yang digelar, Kamis (27/6), yakni Ranperda tentang Wajib Belajar MDTA, Ranperda Larangan Membawa Hand Phone Ke Sekolah, Ranperda Penyelenggaraan Kearsipan, Ranperda Penyelenggaraan Pengelolaan Perpustakaan, Ranperda Perlindungan Tenaga Kerja, Ranperda Penyelenggaraan Pengelolaan Museum dan Ranperda Pelayanan Publik.

Setelah Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Langkat Nurul Azhar Lubis, SH menjelaskan secara rinci latar belakang dan tujuan penyusunan Ranperda kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Langkat, akhirnya floor menyetujui Draft Ranperda inisiatif menjadi Ranperda inisiatif DPRD Langkat tahun 2019.

Dalam penjelasannya Nurul Azhar Lubis merinci bahwa latar belakang Ranperda tentang Wajib Belajar MDTA dibentuk untuk mencerdaskan, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa. Selain itu wajib belajar MDTA berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tambahan pendidikan agama islam bagi siswa sekolah dasar.

Untuk Ranperda Larangan Membawa Hand Phone (hp) Ke Sekolah, Ketua Bapemperda menjelaskan tujuannya antara lain untuk mencegah efek negatif yang ditimbulkan dari hp dan mencegah kenakalan remaja.

Nurul juga menerangkan sasaran larangan lokasi membawa hp yakni di tempat proses belajar mengajar, tempat ibadah sekolah, laboratorium sekolah, perpustakaan sekolah dan lingkungan sekolah.

Selanjutnya juga Nurul Azhar Lubis merinci 5 Ranperda inisiatif lainnya, baik dasar hukum dan jangkauan arah pengaturan Ranperda.

Ketua DPRD Langkat Surialam, SE yang memimpin rapat paripurna yang digelar secara internal ini, mengharapkan kepada seluruh anggota DPRD Langkat agar untuk proses selanjutnya dapat memastikan Ranperda yang dibuat benar-benar berdasarkan kebutuhan masyarakat dan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Langkat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply