Legislatif dan Eksekutif Saling Jawab Ranperda

Legislatif dan Eksekutif Saling Jawab Ranperda

 

Melalui 2 agenda Rapat Paripurna DPRD Langkat, Fraksi-Fraksi DPRD Langkat dan Bupati Langkat saling memberikan jawaban/tanggapan atas Ranperda RPJMD yang disampaikan Bupati Langkat dan 7 Ranperda inisiatif DPRD Langkat, Selasa (23/7).

7 Ranperda inisiatif DPRD itu yaitu Ranperda Wajib Belajar MDTA, Ranperda Larangan Membawa Hp di Sekolah, Ranperda Perlindungan Tenaga Kerja, Ranperda Penyelenggaraan dan Pengelolaan Museum, Ranperda Penyelenggaraan Kearsipan, Ranperda Penyelenggaraan dan Pengelolan Perpustakaan, dan Ranperda Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Atas Ranperda yang disampaikan pihak Eksekutif dan Legislatif sehari sebelumnya, Fraksi-Fraksi DPRD Langkat menanggapi Ranperda RPJMD melalui pandangan umum fraksinya dan Bupati Langkat menanggapi 7 Ranperda inisiatif yang disampaikan DPRD Langkat.

Dalam tanggapannya, Fraksi-Fraksi DPRD Langkat menyambut baik atas dukungan maupun masukan saran-saran dari Bupati Langkat atas Ranperda inisiatif DPRD. Begitu juga Bupati Langkat berterima kasih atas masukan dari Fraksi-Fraksi DPRD Langkat.

Selain menerima masukan dari Bupati Langkat, beberapa fraksi DPRD Langkat menanggapi atas saran Bupati Langkat terhadap Ranperda Penyelenggaraan Pelayanan Publik agar materi yang mengatur substansi kerja Ombudsman dihapus karena Ombudsman merupakan lembaga negara yang mempunyai mekanisme kerja sendiri, fraksi dapat memahami namun perlu didiskusikan lebih lanjut dalam pembahasan pansus.

Sementara itu, Bupati Langkat melalui wakilnya H. Syah Afandin, SH dalam penjelasannya bahwa RPJMD yang menitik beratkan pada sektor pariwisata akan melibatkan 10 OPD dalam rangka pengembangan pariwisata di Langkat yaitu Dinas Pariwisata, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Koperasi, Dinas Perindag, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Kecamatan-Kecamatan.

“Program-program priorias untuk pengembangan pariwisata tahun 2020 telah dianggarkan sekitar 12 persen dari APBD Kabupaten Langkat,” sebut Wakil Bupati.

Dipenghujung rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Langkat Surialam, dibacakan Surat Keputusan oleh Sekretaris DPRD Langkat Drs. Basrah Pardomuan tentang Pembentukan Panitia Khusus (pansus) DPRD Langkat yang akan membahas Ranperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan 7 Ranperda inisiatif DPRD Langkat yang terbagi dalam 4 pansus.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply