Berandan Bumi Hangus Ke 72 Diperingati

Berandan Bumi Hangus Ke 72 Diperingati

 

Diawali dengan pelepasan pawai karnaval oleh Bupati Langkat bersama Wakil Bupati, Ketua DPRD, Dandim, Kepala BNN dan para Komandan Satuan TNI/Polri di tribun kehormatan depan rumah dinas Camat Babalan, peringatan Berandan Bumi Hangus ke-72 di peringati, Selasa (13/8).

Usai pelepasan pawai karnaval yang diikiti oleh pelajar tingkat SD, SLTP dan SLTA, acara dilanjutkan ke lapangan petrolia Pangkalan Berandan dimana setiap tahunnya di tanggal 13 Agustus, Berandan Bumi Hangus diperingati.

Hadir dalam acara itu Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Staf Ahli Gubsu Bidang Ekonomi, Aset, Keuangan dan SDM Dr. H. Agus Tripryono, Manager Area PT. Pertamina (Persero) RU II Cabang Dumai Pangkalan Berandan, para veteran dan para pejabat di jajaran Pemkab Langkat serta undangan lainnya.

Ketua DPRD Langkat Surialam, SE dalam kata sambutannya mengatakan menyambut baik dan memberikan apresiasi atas peringatan Berandan Bumi Hangus.

Sebagaimana diketahui peristiwa Berandan Bumi Hangus merupakan peristiwa sejarah, dimana Pangkalan Berandan yang merupakan kota berdirinya Pertamina pertama di Indonesia di bumi hanguskan atau diledakkan oleh pejuang-pejuang kemerdekaan Indonesia agar penjajah dari negeri Belanda yang berniat menguasai kota minyak tersebut tidak bisa menguasai hasil bumi Indonesia.

“Untuk itu kita harus dapat menghargai jasa-jasa para pahlawan dan semangat nasionalisme dapat tertanam dalam kehidupan kita sehari-hari,” ajak Ketua DPRD.

Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin pada pidatonya menjelaskan bahwa acara Berandan Bumi Hangus merupakan wujud kecintaan kita atas perjuangan para pejuang yang telah membuktikan daerah ini pernah mencatatkan diri dalam tinta emas lembaran sejarah perjuangan bangsa, dengan turut andil bagi tegaknya semangat mempertahankan kemerdekaan.

Peristiwa heroik Berandan Bumi Hangus ini sambung Bupati, mengandung semangat pantang menyerah dan rela berkorban yang harus terus digelorakan dari waktu ke waktu.

Sementara itu Gubsu mengatakan peringatan Berandan Bumi Hangus patut untuk dikenang, semangat patriotik harus ditanamkan dan terbangun, sebagai energi penggerak pembangunan dan menjunjung tinggi solidaritas dan kebersamaan untuk membangun Kabupaten Langkat.

“Selaku pemerintah Provsu, kami menghimbau kepada masyarakat Langkat, agar peringatan Berandan Bumi Hangus kali ini, dapat meningkatkan semangat untuk melakukan berbagai kegiatan yang bernilai positif  dan bermafaat bagi diri pribadi maupun masyarakat,” uangkapnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply