Usul Judul Ranperda Dari Komisi-Komisi dan Pemkab Langkat Dibahas Bapemperda

Usul Judul Ranperda Dari Komisi-Komisi dan Pemkab Langkat Dibahas Bapemperda

 

Untuk mempersiapkan usul judul rancangan peraturan daerah (ranperda) agar masuk dalam program pembentukan peraturan daerah (propemperda) Kabupaten Langkat tahun 2020, Bapemperda DPRD Langkat adakan rapat koordinasi dengan mengundang lintas Komisi A-D DPRD Langkat dan Bagian Humum Setdakab Langkat, Rabu (4/9).

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Langkat, Nurul Azhar Lubis, SH saat membuka rapat mengatakan bahwa rapat ini untuk mendapatkan masukan-masukan dari pihak legislatif dan eksekutif tentang apa-apa saja usul judul ranperda yang direncanakan dan ini dibahas lagi bersama-sama di Bapemperda.

“Hal ini sesuai ketentuan pasal 36 ayat (2) UU nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan yang menyatakan bahwa penyusunan prolegda dikoordinasikan oleh alat kelengkapan dewan yang khusus menangani bidang legislasi,” ucap Nurul Azhar Lubis.

Dalam rapat itu, Komisi B mengusulkan judul Ranperda tentang Pengelolaan Pariwisata Daerah, Ranperda tentang Penanganan Stunting, Ranperda tentang Pengelolaan Kota Layak Anak, Ranperda tentang Pemerataan Zonasi Guru,

Komisi C mengusulkan judul Ranperda tentang Pengelolaan Wisata Mangrove, Ranperda tentang Perlindungan Tenaga Kerja ke Luar Negeri, Ranperda tentang Penanggulangan Kemiskinan, Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut, Ranperda tentang Retribusi  Pemanfaatan Lahan pada Hutan Negara, Ranperda tentang Penyelenggaraan Perusahaan Inti Rakyat Perkebunan.

Komisi D mengusulkan judul Ranperda tentang Perlindungan dan Pengelolaaan Lingkungan Hidup

Setelah melalui pembahasan yang mendalam atas usul judul dari komisi-komisi DPRD Langkat dan dari Bapemperda sendiri, akhirnya diputuskan lima usul judul ranperda inisiatif DPRD Langkat yang masuk dalam propemperda tahun 2020 yaitu Ranperda tentang Ketahanan Keluarga, Ranperda tentang Kota Layak Anak, Ranperda tentang Hutan Kota, Ranperda tentang Pengelolaan Wisata Mangrove dan Ranperda tentang Retribusi Pemanfaatan Lahan pada Hutan Negara.

Sementara itu dari Pemerintah Kabupaten Langkat diusulkan lima judul ranperda juga, yakni Ranperda tentang Kebupaten Layak Pemuda, Ranperda tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah, Ranperda tentang perubahan Perda nomor 15 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Penanggulangan terhadap Penyalahgunaan dan Peredaranan Gelap Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif, Ranperda tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (Ripparda) dan Ranperda tentang perubahan kedua atas Perda nomor 1 tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum.

Hadir dalam rapat itu anggota Bapemperda seperti Makhruf Ritonga, SE, Pujianto, SE, H. Syamsul Bahri Surbakti, SE. MM, Fatimah, S.Si, M.Pd dan Drs. Basrah Pardomuan selaku sekretaris bukan anggota.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply