9 Judul Ranperda Langkat Masuk Propemperda

9 Judul Ranperda Langkat Masuk Propemperda

 

Sebanyak sembilan judul Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Langkat ditetapkan dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kabupaten Langkat tahun 2020.

Kesembilan judul ini ditetapkan dalam rapat paripurna DPRD Langkat yang merupakan paripurna terakhir yang dilaksanakan bagi anggota DPRD Langkat periode 2014-2019, Selasa (8/10).

Dari sembilan judul itu, 3 judul Ranperda berasal dari Pemkab Langkat yakni Ranperda tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah, Ranperda tentang Retribusi Jasa Umum dan Ranperda tentang Pencegahan dan Penanggulangan Terhadap Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Ketiga judul ini merupakan perubahan Perda yang sudah ada dikarenakan adanya peraturan-peraturan baru yang dikeluarkan pemerintah pusat.

Sementara itu, DPRD Langkat mengusulkan 6 judul Ranperda inisiatifnya yakni Ranperda tentang Ketahanan Keluarga, Ranperda tentang Kabupaten Layak Anak, Ranperda tentang Hutan Kota, Ranperda tentang Pengelolaan Wisata Mangrove, Ranperda tentang Pengembangan Kabupaten Layak Pemuda dan Ranperda tentang Pengelolaan Wakaf di Kabupaten Langkat.

Pada pengusulan judul Ranperda ini, masing-masing pihak, dalam hal ini Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin menjelaskan alasan-alasan pengajuan usul judul Ranperda dan Ketua Bapemperda DPRD Langkat Nurul Azhar Lubis, SH juga menjelaskan secara rinci 6 judul Ranperda inisiatif DPRD yang masuk dalam Propemperda tahun 2020.

Ketua DPRD Langkat, Surialam, SE yang memimpin rapat menjelaskan bahwa judul Ranperda yang masuk Propemperda tahun 2020 mengacu pada UU 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan pada pasal 39 yang menyebutkan perencanaan penyusunan peraturan daerah dilakukan pada program pembentukan peraturan daerah.

Surialam berharap semua judul Ranperda yang sebelumnya telah seksama dikaji dan dibahas oleh Bapemperda DPRD Langkat bersama Pemerintah Daerah agar kepada semua pihak terkait agar mempersiapkan Naskah Akademik dan Draft Ranperda-nya sesuai ketentuan yang berlaku.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply