PMII Sampaikan Aspirasi Ke DPRD Langkat

PMII Sampaikan Aspirasi Ke DPRD Langkat

 

Diterima di ruang rapat Badan Anggaran DPRD Langkat, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam wadah organisasi Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Langkat-Binjai sampaikan aspirasinya ke DPRD Kabupaten Langkat, Senin (30/12).

Sebelum menyampaikan aspirasi, para mahasiswa menggelar aksi orasi di depan pintu masuk gedung DPRD Langkat yang dikawal oleh aparat Kepolisian Resort Langkat.

Dalam orasinya, para mahasiswa mengkritisi masalah pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup, terutama diwilayah pesisir.

Aksi orasi disambut beberapa anggota DPRD Langkat yang dipimpin Dedek Pradesa dengan menjemput mahasiswa ke pintu masuk gedung DPRD untuk diterima di dalam ruangan.

Koordinator aksi, Andi Arif Maulana menyampaikan dampak lingkungan dari beroperasinya pabrik-pabrik yang membuang limbah ke sungai sangat meresahkan masyarakat.

Ketua PC PMII Khairul Ramadhan menyampaikan empat pernyataan sikap dalam pertemuan itu, yakni meminta Pemkab Langkat menanggapi dugaan pencemaran limbah batu bara dari aktifitas bongkar muat batu bara PLTU Pangkalan Susu.

Selain itu, PC PMII meminta pemerintah daerah untuk menutup pabrik yang membuang limbah sembarangan, menutup galian C yang tidak mempunyai izin dan mempertanyakan izin peternakan babi di Kabupaten Langkat.

Ketua Fraksi Gerindra, Dedek Pradesa yang dulunya juga seorang aktivis, mampu menenangkan mahasiswa dari awal orasi sampai diruang pertemuan, dimana mahasiswa dengan nada suara tinggi menyampaikan keinginan mereka.

“Kami bangga dengan hadirnya mahasiswa disini untuk menyampaikan aspirasi. Sosial kontrol dari mahasiswa menjadi informasi berharga bagi kami untuk menindak lanjutinya di komisi yang membidangi,” ucapnya.

Zulihartono dari fraksi Nasdem juga angkat bicara, ia meminta mahasiswa untuk bersabar.

“Problema kalian, juga problema kami, kita merupakan mitra yang fungsinya menjalankan sosial kontrol, akan kami proses apa yang disampaikan,” ujarnya.

Anggota DPRD lainnya, Munhasyar yang duduk di Komisi D dihadapan para mahasiswa mengatakan akan membawa aspirasi mahasiswa dengan menggelar RDP bersama instansi terkait.

Dipenghujung pertemuan, Dedek Pradesa berharap PC PMII memberikan data-data yang jelas terhadap permasalahan yang disampaikan, agar DPRD Langkat dapat memproses dengan efektif.

Hadir anggota DPRD Langkat yang menerima mahasiswa; Syamsul  Rizal, Yusuf Tarigan, Sedarita Ginting dan Dedi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply