Pimpinan DPRD Langkat Lakukan Pengawasan Ke Puskesmas

Pimpinan DPRD Langkat Lakukan Pengawasan Ke Puskesmas

 

Pimpinan DPRD Kabupaten Langkat lakukan fungsi pengawasannya dengan mendatangi tiga puskesmas yang berada di Kecamatan Batang Serangan, Sawit Seberang dan Gebang, Rabu (22/4).

Pengawasan Pimpinan DPRD itu terkait penyaluran bantuan sarana dan prasarana untuk puskesmas-puskesmas dan kesiapaan puskesmas dalam menangani virus corona (covid-19).

“Kami datang untuk melihat secara langsung apa-apa saja yang telah diterima puskesmas-puskesmas dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Langkat, juga kesiapaan puskesmas dalam menangani virus corona,” ucap Pimpinan DPRD yang terdiri dari Ketua DPRD Surialam, SE dan Wakil Ketua DPRD Ir. Antoni kepada Kepala Puskesmas.

Berdasarkan pemantauan, ketiga puskesmas telah mendapatkan bantuan sarana dan prasarana dari Tim Gugus Tugas Covid-19 berupa 5 baju alat pelindung diri (APD) dan perlengkapannya seperti sepatu dan topi pelindung.

Saat berada di puskesmas Kecamatan Batang Serangan, Pimpinan DPRD ingatkan 6 OTG (orang tanpa gejala) yang datang dari Provinsi Riau, Padang, Jambi dan Aceh yang dikarantina di puskesmas untuk patuhi aturan masa karantina selama 14 hari.

Sementara di Puskesmas Sawit Seberang, Antoni selaku wakil rakyat dari daerah pemilihan itu, merasa kecewa atas ketidak aktifan Kepala Puskesmas dalam bertugas. Hal ini sesuai laporan masyarakat yang disampaikan kepadanya dan terbukti kedatangan Pimpinan DPRD pada saat itu diterima Kepala Tata Usaha.

Ia juga mengkritisi pelayanan pengambilan obat di puskesmas itu yang tidak refresentatif.

“Ini bukti kurang perhatian Kepala Puskesmas dalam melayani masyarakat,” sebutnya.

Sebelumnya, Pimpinan DPRD yang singgah di Kantor Camat Sawit Seberang, mengapresiasi kinerja Camat Muhammad Suhaimi yang pada saat itu menjalankan kegiatan diskusi publik pra musyawarah verifikasi dan validasi data base kemiskinan untuk dampak covid-19.

“Kami menjalankan prosedur ini agar semua transparan dalam pendataan,” sebut Camat Sawit Seberang Muhammad Suhaimi.

Dalam setiap peninjauan, Pimpinan DPRD berpesan kepada para Kepala Puskesmas dan petugas medis, untuk tetap semangat dalam memberantas virus corona (covid-19) terutama menjelang lebaran.

“Perlu antisipasi dan koordinasi yang baik dalam penanganan virus corona terutama menjelang lebaran,” harap mereka.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply