Sering Terjadi Banjir, Masyarakat Tanjung Pura Mengadu Ke DPRD

Sering Terjadi Banjir, Perwakilan Masyarakat Tanjung Pura Mengadu Ke DPRD

 

Beberapa orang yang mengatasnamakan masyarakat Tanjung Pura mengadukan ke anggota DPRD Kabupaten Langkat karena wilayah Kelurahan Pekan Tanjung Pura dan Desa Pekubuan Kecamatan Tanjung Pura yang selalu banjir disaat hujan.

Pengaduan ini diterima Wakil Ketua DPRD Langkat Donny Setha dan Ketua Komisi D Sribana Perangin Angin dalam agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dihadiri Camat Tanjung Pura Taufik Rieza, Lurah Pekan Tanjung Pura dan Kepala Desa Pekubuan, Rabu (15/7/2020).

Suasana RDP yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Donny Setha bersama Ketua Komisi D Sribana PA

Perwakilan masyarakat yang bernama Dhevan Rao mengutarakan bahwa masyarakat merasa was-was kalau dimalam hari turun hujan yang berakibat banjir.

Penyebab banjir ini sebutnya, salah satunya karena saluran air (parit) tersumbat serta waduk yang tidak berfungsi maksimal.

Kami ingin Pemerintah Kabupaten Langkat cepat bertindak mengatasi permasalahan ini lanjutnya menjelaskan, selain itu aroma busuk pajak sangat mengganggu masyarakat sekitar.

Sementara itu, Reza Ibrahim Lubis yang juga masyarakat Tanjung Pura mengatakan kesan Tanjung Pura banjir merupakan masalah klasik dari tahun ke tahun.

Kalau bicara permohonan untuk penyelesai banjir ini, Reza mengatakan sudah sering masyarakat ajukan, tapi tidak ada juga aksi nyatanya.

“Kami ingin ada upaya dinas terkait menyelesaikan masalah ini, dengan mengalirkan air itu agar tidak banjir. Ini persoalan hati sebenarnya, mau tidaknya berbuat demi masyarakat,” keluh Reza.

Akibat banjir di Kecamatan Tanjung Pura ini juga, lanjutnya menerangkan, berdampak kepada pemangku kepentingan seperti Camat, Lurah dan Kepala Desa sering menjadi aduan masyarakat.

Ansari Damanik perwakilan Dinas PU yang hadir mengakui bahwa waduk yang berada di Tanjung Pura tidak maksimal dalam mengalirkan air disebabkan kapasitas mesin pompa yang terbatas.

Dinas PU sudah berupaya membersihkan waduk, namun tidak dapat mengeruk waduk agar lebih dalam karena butuh alat khusus.

“Campur tangan Dinas PU Provinsi sangat kita butuhkan menangani permasalahan ini,” ujar Ansari Damanik.

Setelah mendengarkan penjelasan peserta rapat, Wakil Ketua DPRD Langkat Donny Setha yang memimpin rapat meminta Dinas PU bersama pihak Kecamatan Tanjung Pura untuk mengecek langsung kelapangan dan melakukan tindakan nyata sesegera mungkin agar permasalahan banjir dapat diatasi.

Donny juga siap membantu mengatasi persoalan banjir Tanjung Pura yang memerlukan campur tangan pihak provinsi.

“Sampai ke pemerintah pusat pun kami akan berupaya carikan solusi,” pungkasnya.

Senada dengan Donny, Ketua Ketua Komisi D Sribana Perangin Angin mengingatkan kembali agar Dinas PU cepat bertindak.

“Laporkan kepada kami kalau ada kendala di lapangan,” tegasnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply