Baznas Langkat Belum Dilantik, Komisi B Gelar RDP

Baznas Langkat Belum Dilantik, Komisi B Gelar RDP

 

Komisi B DPRD Kabupaten Langkat gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) untuk menindaklanjuti belum dilantiknya Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Langkat periode 2021-2026 dengan mengundang Kepala Kementerian Agama Kabupaten Langkat, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Langkat dan Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Pemilihan Pimpinan Baznas di ruang rapat Komisi B DPRD Langkat, Rabu (5/1/2022).

Ketua Komisi B, Sandrak Herman Manurung, diawal rapat meminta penjelasan dari Ketua Pansel terhadap belum dilantiknya Baznas Kabupaten Langkat periode 2021-2026.

Suparliadi selaku Ketua Pansel, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan seleksi terhadap 11 peserta calon pimpinan Baznas. Dari 11 nama peserta itu, setelah melalui proses tahapan seleksi-seleksi, akhirnya ditetapkan dan dikirim 5 nama calon pimpinan Baznas Langkat sesuai rangking penilaian yakni H. Hasanuddin, H. Rismandianto Karo-Karo, H. M. Jamil, H. Panjang Harahap dan Thantawi Jauhari ke Baznas Republik Indonesia di Jakarta tertanggal 22 Februari 2021 untuk dipertimbangkan pengangkatannya.

Namun, tertanggal 29 September 2021, Baznas Pusat mengeluarkan surat memberikan jawaban untuk dapat dipertimbangkan diangkat 5 orang sebagai Pimpinan Baznas Kabupaten Langkat periode 2021-2026 dengan nama yang berbeda dari yang diusulkan Pansel yakni Thantawi Jauhari, Juli Hukman, H. Rismandianto Karo-Karo, H. Hasanuddin dan Nasruddin.

Terkait hal ini, Syahrizal selaku Kabag Kesra, mengatakan Pemerintah Kabupaten Langkat merasa keberatan dan mengirimkan surat tertanggal 8 Oktober 2021 ke Baznas Pusat untuk mempertimbangkan kembali agar usulan Pansel yang ditetapkan menjadi Pimpinan Baznas Kabupaten Langkat periode 2021-2026.

Dalam RDP itu, Suparliadi meminta Komisi B DPRD Langkat dapat mempertimbangkan kinerja pansel dan dapat menjembatani keberadaan Baznas Langkat yang telah berakhir masa kerjanya tanggal 20 Maret 2021 dan saat ini hanya dijabat pelaksana tugas.

Setelah mendengarkan keterangan dari pihak-pihak dan masukan dari Anggota Komisi B yang hadir, maka demi mendapatkan kepastian Pimpinan Baznas Langkat yang telah berakhir masa kerjanya, Komisi B DPRD Langkat dengan pihak-pihak terkait akan berkonsultasi secara langsung ke Baznas Pusat dalam waktu dekat ini untuk meminta penjelasan demi terkelolanya zakat di Kabupaten Langkat dengan baik.

Hadir dalam RDP, Wakil Ketua Komisi B, Ismed Barus, Sekretaris Komisi B, Fatimah, Anggota Komisi B, H. Agus Salim dan Muhammad Syukri mewakili Kepala Kementerian Agama Kabupaten Langkat.

Pimpinan dan Anggota Komisi B DPRD Langkat dalam RDP

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply